Powered By Blogger

Sabtu, 05 Mei 2012

Pendekatan dan Model Ekonomi Sektor Publik


1.      Pendekatan Dan Model Mikro Dalam Ekonomi Sektor Publik?
2.      Pendekatan Dan Model Makro Dalam Ekonomi Sektor Publik?
3.      Pendekatan Dan Model Komersial Dalam Ekonomi Sektor Publik?
4.      Pendekatan Dan Model Komersial Dalam Ekonomi Sektor Publik?


JAWABAN

1.      Pendekatan dan model mikro dalam ekonomi sektor publik?
Imu ekonomi mikro adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjual belikan. Ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut mempengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga serta dapat menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa. Individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi secara optimal, bersama-sama individu lainnya di pasar, akan membentuk suatu keseimbangan dalam skala makro; dengan asumsi bahwa semua hal lain tetap sama (ceteris paribus).
Tujuan ekonomi mikro adalah menganalisa pasar beserta mekanismenya yang membentuk harga relatif kepada produk dan jasa, dan alokasi dari sumber terbatas diantara banyak penggunaan alternatif. Ekonomi mikro menganalisa kegagalan pasar,yaitu ketika pasar gagal dalam memproduksi hasil yang efisien; serta menjelaskan berbagai kondisi teoritis yang dibutuhkan bagi suatu pasar persaingan sempurna. Bidang-bidang ekonomi mikro tersebut dapat pembahasan mengenai keseimbangan umum (general equilibrium), keadaan pasar dalam informasi asimetris, pilihan dalam situasi ketidakpastian dalam berbagai aplikasi ekonomi dari teori permainan. Juga mendapat perhatian ialah pembahasan mengenai elastisitas produk dalam sistem pasar.



Teori Mikro
            Dalam teori ini menganalisa faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan barang publik dan faktor – faktor yang mempengaruhi penyediaan barang publik. Permintaan barang publik dipengaruhi oleh ; selera masyarakat ,kualitas barang publik dsb.sedangkan penyediaan barang publik selain dipeangaruhi anggaran pemerintah juga dipengaruhi oleh para wakil rakyat dan ekskutif dalam penediaan barang publik.

2 .Pendekatan dan model makro dalam ekonomi sektor publik?
Ekonomi makro atau makroekonomi adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Makroekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak rumah tangga (household), perusahaan, dan pasar. Ekonomi makro dapat digunakan untuk mempengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, stabilitas harga, tenaga kerja dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan.
Kebalikan dari ekonomi mikro ialah membahas aktivitas ekonomi dalam secara pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran yang mengenai kebijakan dalam berbagai kebijakan perekonomian serta dampak atas beragam tindakan pemerintah (misalnya perubahan tingkat pajak) terhadap hal-hal tersebut.


3 .Pendekatan dan model komersial dalam ekonomi sektor publik?
Ekonomi komersial menyangkut ekonomi yang di bangun diatas keuntungan material.

4 .Pendekatan dan model kesejahteraan dalam ekonomi sektor publik?
Bila kata “ kesejahteraan” diucapkan, orang-orang langsung membayangkan berbagai macam program yang membantu anggota masyarakat berpenghasilan rendah, juga terbayang konotasi kondisi serba nyaman. Namun dalam ilmu ekonomi kesejahteraan adalah bagian dari ilmu ekonomi yang menjelaskan cara mengidentifisir dan mencapai sesuatu yang disebut sebagai alokasi segenap sumberdaya yang secara sosial efisien atau optimal. Studi ekonomi kesejahteraan memusatkan perhatiannya pada kemungkinan pemecahan “terbaik” atas alokasi sumberdaya. Apa yang harus kita lakukan pertama kali adalah membedakan atau menentukan mana yang “terbaik” atau “optimum” dari semua solusi atau pemecahan masalah yang tersedia.
(Roger Leroy Miller & Roger E.Meiners, 2000;627)
Kesejateraan Ekonomi adalah cabang ekonomi yang menggunakan ekonomi mikro teknik untuk mengevaluasi kesejahteraan ekonomi, terutama yang kompetitif relatif terhadap keseimbangan umum dalam ekonomi untuk efisiensi ekonomi dan pendapatan yang dihasilkan distribusi yang meliputi cabang ekonomi yang berfokus pada alokasi yang optimal sumber daya dan barang dan bagaimana ini mempengaruhi kesejahteraan sosial. Kesejahteraan ekonomi analisis kesejahteraan baik atau total yang mencapai pada keadaan saat ini serta bagaimana didistribusikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar